The Process of Making Charcoal

The Process of Making Charcoal


Kuala Sepetang terletak di daerah Taiping, Perak, Kuala Sepetang merupakan perkampungan nelayan dengan hamparan hutan bakau yang sangat luas. Pemandangan muara sungai yang menghadap Selat Melaka itu cukup indah dinikmati ketika sore hari. Terlebih lagi ketika matahari mulai terbenam di ufuk barat. Sangat sesuai dengan nama yang diberikan pada daerah tersebut.

Kuala Sepetang, sangat terkenal dengan Mi Udang dan Arang Kayu Bakau, sangat rugi jika berada di Kuala Sepetang kita tidak mencoba mi udang tersebut. Terdapat banyak sekali restoran mi udang yang tersebar di Kuala Sepetang. Yang cukup terkenal dan mencuri perhatian pengunjung adalah Mak Teh Mi Banjir Udang, Mi Udang Pak Salleh dan Mi Udang Mak Jah. Pada perjalanan kali ini kami mencoba Mi Udang Mak jah.

Mie Udang Mak Jah

Mie Udang Mak Jah

Mi Udang Mak Jah Kuala Sepetang 1

Kue Sayur Udang dengan topping saus kacang

Selain mi udang, ada beberapa lagi yang cukup menarik di Kuala Sepetang. Antaranya ialah industri pembuatan arang. Uniknya, proses pembuatan arang di sini dilakukan secara tradisional. Kayu Bakau yang merupakan bahan baku membuat arang ditebang dan akan dihanyutkan melalui satu tali air di tengah-tengah pabrik arang. Kayu-kayu tersebut kemudian dibersihkan dan kulitnya dikupas sebelum dibawa ke ‘Igloo’ di mana kayu-kayu tersebut akan di asapkan selama lebih kurang 20 hari dan waktu seminggu untuk di dinginkan sebelum akhirnya dikemas dan dipasarkan.

Tungku Pembakaran Arang

Tungku Pembakaran Arang

Selain melihat dengan mata kepala sendiri proses pembuatan arang tersebut, pabrik arang di sini juga sangat fotogenik untuk menjadi satu lokasi hunting foto. Di setiap sudut, ada saja objek yang bagus untuk di foto terlebih lagi aksi pekerja di sana yang membelah kayu, memilih kayu, membersihkan hingga mengangkut menuju tungku.

Dalam kunjungan kami ke Kuala Sepetang, Pabrik Arang Mr Chuah yang menjadi tujuan kami, memasuki pabrik pembuatan arang secara tradisional milik Mr. Chua akan membuat kami mengerti proses pembuatan arang dari A-Z, yang menemani kami berkeliling pabrik adalah Pak Abu Bakar.

Memotong kayu menjadi ukuran masuk ke tungku

Memotong kayu menjadi ukuran masuk ke tungku

Pabrik Arang Kuala Sepetang 12

Edi, sedang membersihkan kayu untuk siap di muat ke tungku

Waktu yang paling tepat untuk melihat keseluruhan proses ini berjalan adalah pada pagi hari, pada waktu itu kita bisa melihat keseluruhan aktifitas daripada kayu bakau dipindahkan ke pabrik melalui kapal kecil, proses pengeringan kayu, proses pembersihan kulit kayu dan kayu diletakkan ke dalam oven untuk dibakar sehingga menjadi arang.

Mengangkat kayu secara manual

Mengangkat kayu secara manual

Edi, pekerja asal Lampung

Edi, pekerja asal Lampung

Pekerja sedang membawa kayu ke tungku

Pekerja sedang membawa kayu ke tungku

Proses pembakaran kayu bakau menjadi arang memakan waktu hingga 30 hari, untuk menghasilkan arang yang berkualitas tinggi maka suhu pembakaran menjadi kunci penting dalam pembuatan arang. Kayu dibakar  selama 30 hari dengan menggunakan suhu yang berbeda-beda yaitu 10 hari dengan api besar, 10 hari dengan api kecil dan 10 hari lagi untuk proses pendinginan arang.

Menyusun Kayu kedalam tungku pembakaran

Menyusun Kayu kedalam tungku pembakaran

Dapur pembakaran kayu di pabrik ini berbentuk seperti igloo dengan dilapisi tanah liat diluarnya sehingga berwarna kecoklatan. Dapur pembakar ini dibangun dengan batu-bata. Pembangunan dapur pembakar yang berbentuk igloo itu memerlukan 25.000 keping batu bata. Sebenarnya batang-batang kayu ini tidak dibakar secara langsung. kayu-kayu tersebut  diasapi atau di ‘kukus’ untuk memaksa kandungan air dari batang kayu menguap dan kayu tersebut menjadi arang melalui beberapa prosedur pembakarannya.

Tungku sedang proses pendinginan

Tungku sedang memasuki proses api kecil

Proses pendinginan

Proses pendinginan

Sekiranya teman-teman berminat untuk berjalan-jalan ke Kuala Sepetang boleh terbang ke Ipoh dengan You Wing Air yang akan melayani jalur Medan – Ipoh 2 kali seminggu yaitu kamis dan Minggu, untuk explore di Ipoh dapat menghubungi Destination Perak dan dapatkan penawaran menarik berpetualangan di Negeri Perak.

 

+ There are no comments

Add yours