A Taste of Ipoh

A Taste of Ipoh


Setelah mencoba penerbangan You Wings, baru sadar jarak waktu penerbangan Medan ke Ipoh hanya memakan waktu 35 menit, sama seperti Medan ke Penang. Rute penerbangan You Wings ke Ipoh maupun ke Trengganu telah dibuka dan telah berjalan dalam kurun waktu setahun ini. Ipoh merupakan ibukota dari Negeri Perak, Malaysia yang menawarkan berbagai ragam tempat wisata. Begitu seriusnya membangun sektor pariwisata, Perbadanan Kemajuan Negeri Perak membentuk anak perusahaan Destination Perak Sdn Bhd, dulunya bernama Tourism Perak dalam membangun wisata di negera bagiannya. Destination Perak bekerjasama dengan penerbangan, hotel, rumah sakit, rumah makan yang menawarkan berbagai macam wisata di Ipoh, selain bangunan-bangunan tua yang telah diberi tanda berbentuk batu dengan tulisan Heritage Ipoh di depan gedung, juga wisata perawatan kesehatan, taman bermain anak (themepark), dan wisata kuliner tentunya. Kerjasama ini menunjukkan keseriusan kerajaan Perak membangun wisatanya, hal yang sama disampaikan oleh Abd Raheem, CEO – managing Director Destination Perak.

Foto bersama CEO Managing Director Destination Perak, Abd. Raheem

Foto bersama CEO Managing Director Destination Perak, Abd. Raheem

Perjalanan kali ini khusus menikmati kuliner Ipoh yang diberi tema “Food trail Fam trip” (non halal). Salah satu menu wajib di Ipoh adalah Tauge ayam dan horfan, kalau di Medan biasa kita sebut Pek Cam ke (nasi ayam) atau nga choi kai dalam dialek kanton Ipoh. Taugenya mempunyai ciri khas, beda dengan tauge di Medan pada umumnya. Bentuknya kecil dan gemuk. Beberapa yang terkenal seperti Lou Wong Tauge chicken dan Onn kee Restaurant, lokasinya hampir bersamaan di jalan Yau Tet Shin dan jalan Theatre. Kalau horfan itu seperti kwe tiau di Medan, bedanya ini lebih halus. Dilokasi yang sama ada juga “ayam garam” misalnya di Aun Kheng Lim salted Chicken. Nasi kandar ayam merah di kedai kopi Yong Suan, disebut juga nasi ganja. Upps .. bukan ada ganjanya ya, tapi karena di plesetkan orang akibat ketagihan setelah makan mau makan lagi. Kalau yang ini antriannya cukup panjang, kita harus bersabar menunggu giliran dan di dalam kedai penuh dengan manusia. Sampai jam 2 siang, masih juga belum selesai antriannya. Makanan ringan juga tersedia, seperti Funny Mountain soya bean, di Medan disebut susu kacang kedelai dengan berbagai varian produk makanan. Kemudian ada es cendol di padang Ipoh yang padukan dengan kacang es krim, dll. Yummy .. yummy .. nikmatnya luar biasa. Tersedia berbagai macam rasa .. termasuk durian. Letaknya persis disamping Ipoh padang, semacam lapangan atau alun-alun disini. Mau snack , makanan ringan, bisa kunjungi Buntong, sebuah desa yang disebut Kacang Putih. Di sepanjang jalan masyarakat keturunan India jual berbagai macam snack yang terbuat dari kacang putih. Oleh-oleh untuk di bawa pulang.

Makanan berat lain yang kami coba adalah bebek dan babi panggang di Sun Yeong Wai Roasted Duck Restaurant, salah satu yang terbaik di Ipoh. Ciri khas tempat makan yang terbaik, biasanya penuh. pada saat jam makan restoran ini memang penuh dan ada juga yang harus antri tempat duduk. Disini juga di fasilitasi untuk beli pulang (take away).

Sun Yeong Wai bebek panggang

Sun Yeong Wai bebek panggang

Kalau mau sarapan bisa di Kong Heng Restaurant atau Thean Cun, mirip kedai kopi disini. Restorannya buka setelah jam 9 pagi. Karena itu kita harus bersabar, karena jam makan pasti dipadati orang. Banyak jenis makanan tersedia disini. Disebelah Kong Heng ada sate yang paling terkenal di Ipoh dan katanya sudah tiga generasi jualan disitu. Mau sarapan dim sum ada di Dim Sum street, beberapa restauran jualan dim sum ada disana. Seperti Ming Court Hong Kong Dim Sum , Foh San Dim Sum , Yoke Fook Moon dan semuanya ramai kalau di pagi hari.

antrian nasi kandar ayam merah di kedai kopi Yong Suan

antrian nasi kandar ayam merah di kedai kopi Yong Suan

Kota Ipoh dikenal sebagai kota ke 4 di dunia tempat orang menikmati pension. Kenapa dikata gitu, karena roda kehidupannya yang lamban, tenang, tidak macet dan manusianya serba santai. Makanan di Ipoh relatif hampir sama dengan di Medan, sehingga tidak sulit bagi orang Medan untuk menyesuaikan makanan kesukaannya. Tertarik untuk mengeksplore Ipoh, kini setiap Kamis dan Minggu tersedia penerbangan langsung dari Medan ke Ipoh dengan YouWings, nikmati aneka ragam aktifitas bersama Destination Perak. (www.petrusloo.com)

 

About Contributor :

petrus-loo
Petrus Loo

 

Petrus Loo, seorang Fotografer yang sudah malang melintang di dunia Fotografi Sumatera Utara dan Indonesia, mengeluti dunia foto sejak SMA, banyak mengikuti berbagai lomba foto, karyanya apik di susun di website yang dikemas menjadi galeri Profesional Stock Photo. Petrus Loo saat ini aktif dalam Toba Photographer Club, Medan. Saat ini Petrus akan berbagi cerita dan pengalaman traveling murah ikut fam trip ke Ipoh untuk www.foodandholiday.com

Facebook || Instagram ||Website

+ There are no comments

Add yours